Beragam Jenis Vegetarian

Beragam Jenis Vegetarian

Vegan
Vegan adalah pelaku vegetarian murni, yang sama sekali tidak mengonsumsi makanan hewani, seperti daging ternak, daging unggas, ikan dan hasil laut. Mereka juga tidak mengonsumsi produk makanan apapun yang berasal dari hewan seperti telur, keju, mentega, susu, bahkan madu.

Lacto-vegetarian
Pelaku vegetarian yang tidak menyantap makanan hewani, kecuali susu. Aturan lainnya, pelaku vegetarian ini juga wajib menghindari bawang-bawangan.

Ovo-vegetarian
Pelaku vegetarian yang pantang menyantap makanan hewani, kecuali telur. Uniknya, ada pelaku Ovo-vegetarian yang disarankan mengonsumsi telur yang dibuahi (berasal dari induk ayan yang dikawin oleh ayam pejantan), ada lagi pelaku yang lebih memilih telur dari ayam tanpa pejantan. Masing-masing memiliki alasan dan latar belakang. Kelompok pertama memandang telur yang dibuahi memiliki keseimbangan kolesterol dan lesitin sehingga lebih sehat. Kelompok kedua memilih telur yang tidak dibuahi, karena tidak mengandung zigot (bibit makhluk baru), sehingga tidak memangkas perjalanan hidup calon makhluk baru.

Lacto-ovo-vegetarian
Pelaku vegetarian yang pantang makanan hewani, tapi masih mengonsumsi telur, susu, dan hasil olahnya seperti keju, butter milk, yogurt.

Demi-vegetarian
Pelaku vegetarian yang berpantang mengonsumsi daging ternak (sapi, kambing, domba, kerbau) dan daging unggas (ayam, bebek, burung dara, kalkun), tapi masih makan ikan dan telur.

Pesco-vegetarian / percetarian
Pelaku vegetarian yang pantang mengonsumsi makanan hewani selain ikan.

Pollo-vegetarian
Pelaku vegetarian yang pantang mengonsumsi makanan hewani kecuali daging unggas, seperti ayam, bebek, burung dara.

Flexitarian
Pelaku vegetarian yang membuka diri untuk sesekali menyantap daging ternak. daging unggas, maupun ikan da hasil laut. Misalnya pada saat pesta atau acara akhir tahun.

[Sumber: Buku Food Combining; makan enak untuk langsing dan sehat]