Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Tahukah anda memakan vegetarian dapat tingkatkan intelegensia? British Medical Journal menerbitkan hasil penelitian tersebut, di mana penelitian mengukur IQ sejumlah responden pada usia 10 tahun dan kemudian mengikuti perkembangan mereka hingga umur 30 tahun. Data yang ada menunjukkan bahwa mereka yang menjadi vegetarian saat anak-anak memiliki IQ sekitar lima poin lebih tinggi daripada rata-rata orang dewasa yang bukan vegetarian.

Mereka yang vegetarian juga lebih cenderung memiliki pekerjaan dan gelar yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan, menurut para peneliti, pola makanan yang kaya sayuran dan buah-buahan mampua mengingkatkan kemampuan otak di antara manfaat kesehatan lain untuk meningkatkan kecerdasan.

“Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak vegetarian tumbuh lebih tinggi dan memiliki IQ lebih tinggi daripada teman-teman sekolahnya, risiko untuk penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan penyakit lain juga menurun untuk jangka panjang,” ujar para peneliti.

Namun, hasil penelitian ini masih menimbulkan pertanyaan. Apakah anak-anak yang cerdas memutuskan akan menjadi vegetarian ketika dewasa nanti, ataukah mereka menjadi vegetarian agar menjadi lebih cerdas. Mereka yang memiliki kecerdasan lebih tinggi mungkin lebih mempertimbangkan isu-isu etika, seperti manfaat yang banyak dihasilkan dari mengonsumsi banyak macam atau jenis sayuran.

[Sumber: klikdokter.com]