Mengapa Makanan Mentah Baik Bagi Tubuh Kita ?

Mengapa Makanan Mentah Baik Bagi Tubuh Kita ?

Dalam masyarakat kita yang sangat terindustrialisasi, dimana kita mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, menghirup udara berkualitas rendah, dan minum air yang telah dibersihkan kandungan mineralnya, tubuh cenderung mengumpulkan racun-racun yang menyebabkan penuaan dini, stress, dan penyakit.

Banyak ahli menganggap konsumsi makanan mentah sebagai peralihan yang sangat penting dalam sistem diet kita untuk menetralkan racun yang berasal dari gaya hidup modern. Gerakan untuk mengkonsumsi makanan mentah yang dimulai pada akhir tahun 60an telah menjamur selama 10 tahun yang lalu, sampai pada titik dimana festival makanan mentah di AS dihadiri oleh 500.000 orang !

Pemakan makanan mentah sangat antusias dengan diet mereka, sampai hampir menjadi seperti agama. Banyak orang telah mengalami penyembuhan ajaib karena melakukan diet makanan mentah. Mereka menyatakan bahwa jalur pencernaan manusia selama jutaan tahun evolusi paling cocok bagi makanan mentah. Hewan-hewan peliharaan makan makanan olahan dan yang dimasak, namun makanan ini disajikan oleh manusia. Hewan liar tidak makan makanan yang dimasak. Matahari merupakan sumber semua kehidupan dan makanan nabati mentah mewakili bentuk paling murni dari energi matahari yang telah diubah.

Daya hidup hanya bisa diperoleh dari makanan hidup. Jadi makin sedikti makanan diolah, dimasak, dibekukan atau diubah dari bentuk alaminya dengan cara apapun, makin banyak energi vital yang dikandungnya. Dr. Bicher menggunakan istilah “makanan sinar matahari” untuk menggambarkan daya penyembuhan dalam tanaman yang menyimpan energi elektro-magnetik sinar matahari dalam sel-sel mereka dan merupakan komponen tersembunyi yang memelihara kita dan buka nilai kalori yang diukur secara eksternal.

Buah dan sayuran mengisi sebagian besar porsi dalam diet vegatarian yang paling baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Selain bisa membantu masalah sembelit dan kegemukan, nutrisi penting dalam buah dan sayuran juga sangat terjaga dalam kondisi mentah. Buah dan sayuran mengandung enzim yang berharga yang melakukan ratusan fungsi-fungsi tubuh sehari-hari yang penting. Enzim-enzim ini akan tetap hidup ketika makanan tidak dimasak. Makanan mentah diindikasikan sebagai salah satu dari sembilan rahasia panjang umur, jadi lebih banyak kita mengkonsumsi makanan mentah, hasilnya akan lebih baik bagi kita.

[Sumber: Buku Diet for Health & higher Conciousness]