Kebiasaan Makan Yang Sehat Bagi Tubuh Kita

Kebiasaan Makan Yang Sehat Bagi Tubuh Kita

Makanan melalui lambung sekitar dua / tiga jam, tetapi tidak harus makan lagi begitu lambung kosong. Disarankan makan tiga kali sehari, dengan jeda sekitar lima jam. Meskipun waktu dan banyaknya makanan tergantung pada gaya hidup masing-masing orang. Mereka yang tidak terlalu aktif disore hari, sebaiknya tidak ngemil setelah makan malam, karena makanan yang dimasukkan hanya akan menjadi lemak tak berguna. Di lain sisi, sarapan pagi seharusnya banyak bagi mereka yang sibuk seharian, karena memberikan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas siang hari. Makan siang membantu untuk menyegarkan kembali tubuh, dan harusnya lebih ringan daripada makan pagi. Bagi yang tiduran sore hari, makan malam seharusnya yang paling kecil porsinya.

Beberapa orang kebiasaan ngemil di malam hari, biasanya persis sebelum tidur. Kebiasaan ini tidaklah sehat, karena produksi enzim pencernaan menurun selama tidur, serta melambatkan proses pencernaan, yang berdampak pada kurang berselera sarapan diesok harinya. Sehingga energi tubuh untuk aktivitas keseharian tidak diperoleh dari nutrisi sarapan pagi, tetapi dari pembakaran lemak yang tersimpan dalam tubuh, yang didapat dari cemilan malam sebelumnya. Pencernaan lemak jenis ini adalah lemak jenuh yang akan meningkatkan kolesterol. Juga, dengan terlalu sedikit makan pagi, akan berdampak makan berlebih di siang dan malam hari. Ini akan menjadi lingkaran setan yang mengarah pada kegemukan maupun problem-problem kesehatan turun temurun.

Poin utamanya adalah untuk mengurangi masukan makanan pada malam hari dan tidur lebih awal. Penting untuk menghindari perilaku banyak duduk menonton televisi di malam hari, karena cenderung meningkatkan nafsu makan serta menurunkan aktivitas tubuh. Begitu petunjuk-petunjuk tentang pola makan ini dipenuhi, maka Anda akan menyaksikan perbaikan kesehatan pribadi maupun gaya hidup Anda. Prinsip dasar agar mengarah pada kehidupan yang panjang umur serta sehat adalah: berhentilah makan sebelum penuh, hanya makan yang dibutuhkan, serta menjaga pikiran yang tentram di dalam tubuh yang aktif.

[Sumber: Disadur dari buku Vegetarian dalam Perspektif Kedokteran]