Komunitas Orang-Orang Panjang Umur

Komunitas Orang-Orang Panjang Umur

Penduduk Okinawa, Jepang, memiliki harapan hidup terpanjang diantara semua penduduk Jepang dan sepertinya memiliki harapan hidup terpanjang di antara semua orang di dunia, menurut penelitian selama 30 tahun terhadap 600 lebih penduduk Okinawa, rata-rata berusia lebih dari seabad (centenarians). Rahasia mereka adalah diet rendah kalori terdiri dari karbohidrat komplek tanpa di olah, buah-buahan dan sayuran kaya serat, dan juga kedelai.

3 kualitas yang kelihatannya menyumbangkan peran pada fenomena ini adalah diet nabati, perhatian pada keluarga, dan komunitas. Hasrat orang Okinawa untuk hidup dengan tujuan adalah hal yang membantu memperpanjang waktu hidup mereka. Orang-orang berusia paling lanjut di Sardinia sangat fokus pada keluarga. Para anggota Advent Hari Ketujuh, tinggal di Loma Linda, California selalu menyisihkan waktu dalam seminggu dan memusatkan pikiran sepenuhnya pada Keimanan mereka. Penelitian oleh California Alameida County menemukan bahwa mereka yang menghadiri kebaktian agama secara teratur dapat memperpanjang harapan hidup mereka selama 8 tahun.

Penelitian lainnya menemukan bahwa orang-orang paling sehat tinggal di lembah-lembah gunung tinggi di Afganistan (suku Hunza) dan di lembah Villacamba, Peru. Kedua populasi ini menggunakan diet campuran, dimana sebagian besar adalah mengonsumsi buah dan sayuran. Mereka hidup hingga 140 tahun. Karena musim dingin yang panjang mereka kehabisan makanan sebelum musim semi sehingga berpuasa karena keadaan, selama sekitar sebulan setiap tahun. Hidup mereka umumnya sangat keras. Mereka tidak pernah kekurangan kerja fisik, serta tidak akan mampu menjalani kebiasaan makan berlebihan.

Disisi lain penduduk Eskimo secara tradisional hidup hanya dari diet hewani. Mereka jarang mencapai usia 30 tahun dan tidak ada kata nenek atau kakek dalam bahasa Eskimo. Saat ini sudah banyak orang Eskimo yang menambahkan sayuran dan buah dalam diet mereka dan dengan segera mereka hidup lebih lama. Dalam penelitiannya terhadap orang-orang yang berumur panjang, National Geographic menyimpulkan dalam laporannya dengan 2 kata : “Jadilah vegetarian.”

[Sumber: disadur dari buku Diet for Health & higher Conciousness]