Berapa Banyak Protein yang Kita Butuhkan ?

Berapa Banyak Protein yang Kita Butuhkan ?

Secara empiris, aturan yang dipakai oleh National Academy of Sciences Food and Nutrion Board adalah 0,57 gram protein setiap kilogram (2,2 pon) berat tubuh. Ini berarti 1 gram setiap 4 pon atau 41 gram untuk seorang laki-laki dengan berat 160 pon. Ini jumlah yang bisa diperoleh dengan mudah dan lebih dari cukup dari diet Vegetarian. Penelitian lain menunjukkan pria diusia antara 19-70 tahun memerlukan rata-rata 56 g per hari, sedangkan wanita diantara usia tersebut memerlukan rata-rata 46 g per hari. Dan sumber untuk mendapatkan protein tinggi bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam, bunga kol, brokoli, dan kubis serta pada kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hitam, dan kacang hijau.

Kita cenderung berpikir bahwa “lebih banyak itu lebih baik”. Namun tidak demikian halnya dengan protein. Kelebihan konsumsi protein dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti kehilangan mineral tulang, kerusakan ginjal, batu empedu, batu ginjal, rematik, artritis/radang sendi, dan dehidrasi. Kelebihan protein akan diuraikan melalui oksidasi, mengakibatkan ketegangan yang luar biasa pada ginjal, atau disimpan sebagai lemak tubuh. Terlalu banyak protein berpengaruh negatif pada keseimbangan kalsium dalam tubuh.

Diet tinggi protein untuk program penurunan berat badan, pencegahan penyakit, dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga telah dipublikasikan beberapa tahun terakhir ini. Namun diet semacam ini hanya didukung oleh sedikit penelitian ilmiah saja. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang paling sehat adalah yang tinggi-karbohidrat, rendah lemak dan protein dalam jumlah sedang.

[Sumber: disadur dari buku Diet for Health & higher Conciousness]