Seni Makan yang Baik dan Benar bagi Kesehatan

Seni Makan yang Baik dan Benar bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi dari makanan yang kita makan dan kapan kita memakannya sangat menentukan kualitas kesehatan tubuh kita. Makan merupakan sebuah seni yang harus dipelajari, baik tentang nutrisi makanan, kebutuhan tubuh masing-masing individu akan porsi makanan, dan juga waktu yang tepat saat memakan berbagai jenis makanan. Makan yang baik dan benar akan menentukan kualitas dan masa depan tubuh kita. Kebanyakan kita makan mengikuti selera lidah (asal enak dan kenyang) dan lupa mengikuti hak dan selera tubuh.

Banyak yang tidak menyadari bahwa tujuan makan adalah:
~Untuk menjaga keseimbangan asam basa darah
~Untuk memberi asupan nutrisi yang lengkap dengan gizi seimbang

Semakin banyak kita makan makanan yang sehat, seperti sayur dan buah organik yang kaya akan gizi dan serat, maka semakin sehat pula tubuh kita. Memang tidak mudah dan tidak murah bagi kita untuk mendapatkan sayur dan buah organik, tapi setidaknya makan sayur dan buah yang banyak dipasaran, masih lebih baik daripada tidak memakannya sama sekali. Dengan catatan kita mencucinya dengan air mengalir agar sisa-sisa dari cemaran pestisida, herbisida ataupun fungisida yang ada bisa hilang.

Perlu juga diingat bahwa kebutuhan makan setiap orang akan berbeda-beda, baik jenis maupun jumlahnya. Kebutuhan karbohidrat atau protein seorang petani yang banyak melakukan kerja fisik akan berbeda dengan seroang eksekutif yang banyak berpikir. Begitu pula kebutuhan makan orang sakit akan berbeda dengan orang sehat, yang gemuk akan berbeda dengan yang gemuk. Maka kita harus belajar memahami tubuh dengan bertanya pada tubuh. Siapakah saya? Apa pekerjaan saya? Berapa berat badan saya? Apa kebutuhan tubuh saya?

Dengan menjawab pertanyaan diatas kita akan tahu apa dan berapa kebutuhan tubuh kita dalam setiap porsi makanan yang kita makan. Hal penting yang lain dalam seni makan yang baik bagi tubuh adalah waktu makan. Sebaiknya membiasakan mengawali sarapan dan jug mengakhiri makan malam dengan makanan yang mudah dicerna seperti buah dan sayur.

[Sumber: disadur dari buku BE Your Own Doctor]