Pentingnya Menu Seimbang dalam Bervegetarian

Pentingnya Menu Seimbang dalam Bervegetarian

Kebutuhan dan konsumsi gizi seimbang sangat penting untuk kesehatan. Oleh karena itu, merencanakan menu untuk vegetarian mutlak dilakukan. Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh, diperlukan perencanaan yang cermat agar menu vegetarian yang dikonsumsi mengandung zat gizi yang seimbang. Dengan demikian, selama menerapkan pola makan vegetarian, tubuh tidak akan mengalami defisiensi gizi. Upaya mengombinasikan berbagai bahan pangan nabati perlu dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Sebagai contoh, kombinasi antara tahun atau tempe dan santan yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kolesterol yang selanjutnya dapat merembet menjadi masalah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Selain dengan menu seimbang, untuk dapat hidup sehat sebagai vegetaris perlu juga diimbangi dengan pola hidup sehat tanpa nikotin, kafein, dan alkohol. Juga perlu istirahat yang cukup dan tidak makan berlebihan. Karena meskipun hanya mengonsumsi bahan nabati, makan secara berlebihan juga dapat menyebabkan obesitas.

Nutrisi yang lengkap dan seimbang bagi tubuh harus dipenuhi agar energi tersedia cukup. Energi yang dibutuhkan sangat tergantung pada masing-masing individu. Perempuan membutuhkan energi lebih sedikit daripada pria, tetapi juga membutuhkan asupan energi yang besar pada periode hamil dan menyusui. Yang penting, jumlah energi harus cukup bagi organ-organ tubuh untuk bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Pada prinsipnya, ada beberapa jenis nutrisi yang harus dipenuhi, yaitu protein, karbihidrat, serat, lemak, vitamin, mineral, dan air. Setelah prinsip dasar tersebut dapat dipenuhi, maka menu vegetarian dengan mudah dapat disusun.

Perencanaan menu seimbang bagi kebutuhan tubuh sehari-hari berarti terkait dengan pemilihan berbagai tipe makanan. Hal ini juga terkait dengan pemilihan bahan pangan yang menyehatkan, memiliki cita rasa lezat, sekaligus tampak menarik. Idealnya, setiap makanan mengandung beberapa nutrisi penting dan selalu ada dalam setiap menu. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa beberapa jenis nutrisi tidak dapat disimpan di dalam tubuh sehingga perlu disuplai secara teratur. Sebagai contoh, bila protein tidak dikonsumsi bersama karbohidrat maka protein tersebut akan hanya digunakan sebagai sumber energi, bukan untuk membangun jaringan tubuh.

Beberapa makanan hanya memiliki satu atau beberapa jenis nutrisi, tidak ada makanan yang mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian, cara terbaik untuk merencanakan menu seimbang adalah dengan memisahkan makanan berdasarkan nutrisi yang terkandung didalamnya. Selanjutnya, makanan tersebut dikombinasikan pada setiap kali makan.

[Sumber: disadur dari buku Diet Enak Ala Vegetarian]