Vegetarian dapat Mencegah Konstipasi

Vegetarian dapat Mencegah Konstipasi

Konstipasi diartikan sebagai gangguan buang air besar, dengan frekuensi buang air besar lebih dari tiga hari. Keadaan ini sering disertai dengan perut kembung, sering buang angin, nafas bau, sakit kepala, dan nyeri saat buang air besar. Beberapa penyebab konstipasi antara lain sebagai berikut :
~Kelebihan penggunaan obat pencahar
~Kelemahan otot pada usia tua atau setelah melahirkan
~Diet untuk melangsingkan, sulit makan, asupan makan yang berkurang akibat penyakit mental dan fisik. ~Kecemasan dan stres ~Kerusakan anus, ambeien ~Sumbatan usus akibat terpelintir atau menyempit
~Diverticulitis-penonjolan keluar dari usus besar.

Pola makan yang kaya protein hewani sangat berpotensi menimbulkan konstipasi (sembelit) karena dalam daging tidak mengandung serat sama sekali. Apalagi bila tidak diimbangi dengan asupan sayur, buah-buahan dan air yang cukup. Berbeda dengan pola makan kaya protein hewani, pola makan vegetarian sangat kaya akan serat dan rendah lemak, sehingga pola makan ini dapat mencegah konstipasi. Konstipasi yang parah dapat menimbulkan masalah kesehatan serius, yaitu memicu terjadinya kanker usus besar. Dengan membiasakan pola makan vegetarian yang seimbang dan teratur, maka seseorang akan bebas dari masalah konstipasi.

Ada beberapa tips untuk mencegah konstipasi:
1. Tambahkan serat ke dalam makanan. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber serat alami yang sangat bagus.
2. Berolahragalah sehingga gerakan pencernaan akan menjadi lebih teratur.
3. Minum air putih karena air putih berkhasiat membuang racun dan sisa pencernaan dalam tubuh.
4. Kunyahlah makanan secara benar. Makanan yang ditelan sebaiknya dalam ukuran yang kecil-kecil. Usahakan tidak makan sambil mengobrol karena gas dapat ikut tertelan ke dalam perut.
5. Minum ramuan herbal alami yang baik untuk membersihkan saluran pencernaaan.

[Sumber: disadur dari buku Diet Enak Ala Vegetarian]